Membuat Kerupuk

Wednesday, January 05, 2011

Membuat Kerupuk dan kemplang goreng proses pembuatannya hampir sama dengan membuat pempek lenjer, setelah adonan jadi dan terbentuk panjang seperti pempek lenjer, tetapi adonan kerupuk kemplang harus lebih keras. Kemudian kerupuk dan kemplang tersebut lalu diuapkan atau dikukus di atas kuali yang berisi air, diatasnya disusun bambu untuk meletakkan adonan kerupuk.

Kukus adonan kerupuk yang sudah di bentuk seperti pempek lenjer, lamanya pengukusan kira - kira 10 menit, kemudian kerupuk dan kemplang tersebut di dinginkan terlebih dahulu sebelum di jemur dibawah sinar matahari. Setelah dijemur di bawah sinar terik matahari kurang lebih 1 - 2 hari tergantung panasnya matahari, kalau cuaca mendung bisa sampai 4 - 5 hari.

Setelah batangan kerupuk sudah dijemur dan kering selanjutnya di potong tipis-tipis, selanjutnya potongan itu di jemur lagi beberapa hari sehingga kering. Supaya lebih paham silahkan lihat urutan gambar proses membuat kerupuk di bawah ini:

membuat kerupuk ikan palembang
Adonan kerupuk 
membuat kerupuk ikan palembang
Mesin cetak kerupuk
Adonan kerupuk diletakan diatas kayu
Adonan kerupuk diletakkan diatas kuali
Adoanan kerupuk kemudian di kukus
Proses penjemuran Adonan keupuk
Setelah kering kerupuk dan kemplang siap di goreng, caranya:

1. Siapkan 2 buah kuali besar, satu berisi minyak sedang panasnya (api kecil), sedangkan kuali yang satunya berisi minyak panas (api besar).

2. Kerupuk dan kemplang di masukkan terlebih dahulu di minyak yang tidak terlalu panas, ketika kerupuk dan kemplang agak mengembang sedikit, langsung diangkat dan dipindahkan ke kuali yang berisi minyak panas. Selanjutnya kerupuk dan kemplang akan langsung mengembang, langsung diangkat dan di tiriskan, jangan terlalu lama menggoreng kemplang di minyak panas, karena hasilnya akan tidak terlalu bagus.

Setelah dingin kerupuk dan kemplang, siap dimasukkan kedalam plastik pembungkus.
Selamat menikmati kerupuk Palembang.

Share

Komentar Anda di Pempek Palembangpempek, pempek palembang 0 comments:

Post a Comment