Cara Menggoreng Kerupuk Mentah

Saturday, January 01, 2011

Kerupuk Palembang terdiri dari 2 jenis, yaitu kerupuk mentah adalah kerupuk yang belum digoreng, sedangkan kerupuk goreng adalah kerupuk yang sudah digoreng.


Kerupuk goreng akan sedikit memakan tempat jika untuk dibawa sendiri keluar kota, masih bisa dibawa atau dikirim jika dalam jumlah yang tidak banyak dan resikonya sesampainya ditujuan kerupuk bisanya akan banyak yang pecah. Untuk pengiriman kerupuk goreng dalam jumlah banyak keluar kota bisa dilakukan asal dengan teknik pengepakan yang baik.

Sedangkan kerupuk mentah, Anda bisa menghemat tempat dan agak sedikit tidak memberatkan jika dikirim atau dibawa keluar kota. Jika Anda membeli dalam jumlah besar, sebaiknya memilih membeli kerupuk mentah, karena akan banyak menghemat biaya pengiriman.

Tetapi masih banyak orang yang masih belum mengetahui cara menggoreng kerupuk ikan mentah, sehingga lebih memilih membeli kerupuk yang sudah digoreng. Karena itul kerupuk Palembang akan memberikan resep cara menggoreng kerupuk mentah sebagai berikut:

- Kerupuk mentah dijemur dibawah panas matahari kurang lebih selama 8 (Delapan) jam, kemudian kerupuk mentah dipindahkan ketempat yang teduh untuk didinginkan.

Catatan:
Menjemur kerupuk mentah jangan terlalu lama, karena bisa mengakibatkan kerupuk menjadi pecah - pecah pada waktu penggorengan. Jangan terkena air hujan, akan mengakibatkan kerupuk menjadi rusak, jika cuaca mendung segera angkat kerupuk yang dijemur.

- Kemudian siapkan 2 (dua) kuali besar dan kecil.  Kuali kecil adalah minyak goreng yang hangat kuku (tidak boleh terlalu panas, api kecil). Sedangkan kuali besar berisi minyak panas, masukkan terlebih dahulu kerupuk mentah ke kuali yang berisi minyak hangat, kemudian ketika kerupuk mentah mulai agak mengembang sedikit, lalu secepatnya diangkat dan dipindahkan kekuali besar yang berisi minyak panas.

Kerupuk akan segera mengembang dengan cepat, dan harus segera Anda angkat kerupuk mentah yang sudah mengembang tersebut, tiriskan dan dinginkan kerupuk yang baru digoreng terlebih dahulu.

Masukan kerupuk kedalam toples atau plastik, tutup dengan rapat, kerupuk siap disantap.

Pesan: Simpan ditempat yang tertutup rapat. Cara menggoreng kerupuk mentah diatas sama dengan cara menggoreng kemplang mentah.

Demikian cara menggoreng kemplang mentah dari kerupuk Palembang. Lihat harga Kerupuk Palembang

Selamat Menikmati Kerupuk Palembang.

Share

Komentar Anda di Pempek Palembangpempek, pempek palembang 1 comments:

wah mantap..

Post a Comment